Senin, 24 Oktober 2011

Bahasa Indonesia di Indonesia

 Assalamualaikum WR.WB
Pertama-tama kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena telah memperkenankan saya untuk berbagi ilmu kepada para pengunjung. Kali ini saya akan membahas tentang bahasa Indonesia di Indonesia sendiri, yuk kita lihat lebih jauh ke masa Proklamasi Kemerdekaan. Dimana naskah teks sumpah pemuda diucapkan oleh para pemuda Indonesia. Yang berbunyi:
Sumpah Pemuda
Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertanah air satu, tanah air Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia

Dalam Sumpah Pemuda sudah jelas membuktikan bahwa bahasa Indonesia sudah lama digunakan dan dicamkan dalam hati para pemuda dan penerus Indonesia yang bertekad untuk membawa bahasa Indonesia kepada tunas-tunas Indonesia dimasa yang akan datang. Dan satu lagi bukti bahwa bahasa Indonesia sudah ada pada jaman Proklamasi. Ini dia:
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta
Kalau bahasa yang digunakan dalam teks Proklamasi yang dibacakan oleh Presiden Soekarno adalah bahasa Indonesia tempo dulu alias Ejaan Yang Belum Disempurnakan, berbeda dengan bahasa Indonesia yang digunakan saat ini yaitu bahasa EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan). Jadi kesimpulan dari artikel diatas adalah kita harus mencintai bahasa Indonesia (bukan berarti kita gak mau belajar bahasa asing), dan gunakanlah bahasa Indonesia sebaik mungkin karena para pahlawan telah bekerja keras untuk mempertahankan bahasa Indonesia. Demikianlah pandangan saya tentang bahasa Indonesia, semoga bermanfaat.
                                                                                                         Wassalamualaikum WR.WB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar